Sunday, January 27, 2008

selamat jalan pak harto...

selamat jalan pak harto.sore tadi pukul 15an sore, kami keluar dari tempat parkir mall di bekasi. kami mendengarkan siaran diradio yang meliput suasana wafatnya pak harto, presiden ri kedua. begitu serunya digambarkan suasana pelayat baik yang ada di rumah sakit pusat pertamina maupun dirumah duka jalan cendana jakarta.

jika aku punya cukup waktu, pasti aku akan segera meluncur ke rumah duka, meski aku sadar bahwa aku hanya akan mampu menjangkau ratusan meter dari rumah duka itu, atau bahkan gentingnya pun aku tak bisa melihatnya, tapi jika itu terjadi aku sudah merasa bahagia bisa menghantarkan beliau untuk yang terakhir kalinya.tapi waktuku hanya tersisa 3 jaman untuk segera meluncur ke bandara dan meninggalkan indonesia tercinta.

dalam perjalanan yang ada, sampai tulisan ini aku susun sambil nunggu boarding. aku menyadari bahwa aku dan juga generasi era 70, 80 dan bahkan generasi 90an adalah yang merasakan hasil pemikiran pembangunan pak harto yang mendapat peran sebagai pemimpin negeri ini, baik itu langsung maupun tidak langsung.

jika kita yang mendapatkan hasil yang menguntungkan dari pembangunan yang dilakukan selama ini, mungkin kita menyanjungnya. tapi jika sebagian kita yang mendapati hasil pembangunan yang tidak menguntungkan, mungkin akan menghujatnya.

semakin aku coba rasakan, aku mendapati diriku merasa kehilangan atas wafatnya beliau. aku teringat salah satu jasa beliau yang langsung aku rasakan saat aku mendapatkan beasiswa supersemar. tidak besar memang dana yang aku terima saat kuliah itu, tapi sangat bermanfaat bagi mahasiswa sepertiku saat itu. semoga dana yang aku terima itu adalah halal adanya, jikapun tidak aku hanya bisa berdoa pada tuhan untuk membersihkannya. aku rasa, kemampuan membaca dan menulisku, mendapatkan buku2 pelajaran sekolah waktu itu, kesempatan kuliah diperguruan tinggi negeri adalah beberapa hal lainnya yang menguntungkan aku.

pada kesempatan kali ini, aku hanya bisa mengucapkan "selamat jalan pak harto, semoga amal ibadah mu diterima tuhan yang maha kuasa dan menempatkanmu ditempat yang layak. amin."aku berusaha untuk bisa membalas hutang budiku seperti saat engkau memberiku beasiswa supersemar waktu itu, aku berusaha semampuku, semoga tuhan memberikan kesempatan padaku untuk membalas hutang budi ini.

-salam dari salah satu penerima beasiwa supersemar-

No comments: